thevertoablog

Just another WordPress.com site

Hotaru no Hikari January 16, 2011

Filed under: Review — vertoa @ 12:07 pm
Tags: , ,
Cast.
Ayase Haruka as Amemiya Hotaru
Fujiki Naohito as Takano Seiichi
Kuninaka Ryoko
as Saegusa Yuuka
Kato Kazuki as Teshima Makoto
Takeda Shinji as Jinguuji Kaname
Itaya Yuka as Yamada Sachiko
Yasuda Ken as Futatsugi Shouji

Plot. Hotaru adalah wanita karir yang sangat efisien dan alus gawe, banyak yang ngira kalo dia itu punya pacar gara-gara sering pulang cepet, padahal, sebenarnya, dia itu seorang himono-onna. Himono-onna (ikan kering) bisa diartikan sebagai seorang wanita yang kadar kewanitaannya sudah mengering.  Di luar memang kelihatan sempurna, tapi sebenarnya, kerjaannya di rumah hanya malas-malasan, baca komik, minum bir, dan cuma pakai celana training dan kaos lusuh. Begitulah Hotaru.

Suatu hari, anak dari pemilik rumah yang ia tinggali datang, dan orang itu adalah, siapa lagi kalau bukan Pak Takano, manager (buchou)-nya sendiri di kantor. Buchou baru saja bertengkar dengan istrinya dan diusir dari apartemennya, jadi ia memutuskan untuk tinggal di rumah orang tuanya. Dan ternyata Hotaru sudah lebih dulu tinggal di situ dengan alasan telah membuat kontrak dengan ayahnya. Tapi akhirnya setelah bermusyawarah, mereka terpaksa tinggal bersama dengan segelintir peraturan.

Tapi Hotaru tidak menjadi canggung ketika tinggal bersama Buchou. Dia malah terang-terangan menunjukkan sosok aslinya. Buchou agak sedikit syok dengan kelakuan anak buahnya itu, tapi toh sepertinya dia bisa memakluminya dan malah “mengurusi” Hotaru agar beres-beres rumah, buang sampah tepat waktu, menyuruhnya untuk tidak bermalas-malasan dan lain-lain. Hubungan mereka tidak lebih dari atasan-bawahan dan “teman rumah”, tapi mereka sering mengobrol berbagai macam topi di tempat favorit mereka, yaitu di serambi. Terlebih, ketika Hotaru jatuh cinta pada Makoto, ia sangat sering meminta tips cinta pada Buchou agar sukses.

Kisah dorama ini berkisar antara perjuangan Hotaru biar Hotaru yang selalu pake training dan sangat tidak memperhatikan kebersihan tempat tinggalnya ini diterima olah Makoto. Oke Makoto nerima, tapi entah kenapa Hotaru terlihat tidak bahagia dan malah terlihat memaksakan diri. Makoto juga agak cemburu pada Buchou, apalagi waktu Makoto sudah tau kalau ternyata selama ini Hotaru tinggal sama Buchou.

Buchou dan Hotaru sama-sama polos; Buchou bilang selalu mendukung cinta Hotaru terhadap Makoto, tapi Buchou malah meluk Hotaru waktu dia kekurung di gudang. Semakin nunjukkin bahwa dia suka Hotaru, kan? Hotaru juga sama. Di mulut dia cinta Makoto, tapi di hati, dia nggak bisa hidup tanpa Buchou. Dia selalu rindu rumah itu, serambi itu, bir, dan tentu saja Buchou.

Pada akhirnya Makoto rela melepaskan Hotaru, dan Hotaru pun memutuskan untuk menjadi mandiri. Kaname pun sepertinya berhasil meraih hati Yuka. Yamada-nee-san dan Futatsugi pun semakin dekat. Ah, ada satu kalimat Yuka yang terus terngiang (halah).

“Kupikir tidak apa bersama Kaname-san, karena hanya dia yang bisa mengerti aku. Aku bebas menunjukkan kelemahanku padanya. Tapi meski aku tidak berdebar-debar, setidaknya aku merasa tenang jika aku berada di dekatnya.”

Kemudian Yamada-nee-san si Nona Pemburu Cinta bilang, “Sore mo koi! (itu juga cinta)”. Aih ♥

Lalu… bagaimana dengan Buchou dan Hotaru? Mau spoiler? Ask me personally, masa’ saya harus bocorin semuanya di sini? Nonton dong! Wekekekek.

Originality. Dorama ini diadaptasi dari komik berjudul sama karya Satoru Hiura, di Indonesia komiknya diterbitkan oleh Level Comics (di Indonesia judulnya jadi Hotaru’s Light). Baru sampai volume 10 sih, 5 buku lagi baru tamat. Komiknya juga sama ramenya seperti di dorama. Tingkat kemiripan jalan cerita… okelah 70%. Bagian awal dorama emang mirip sama komik, tapi ke sananya jadi rada beda. Kalo di komik, Hotaru sama Makoto gampang banget jadiannya, kalo di dorama kan agak lama gitu. Terus di manga, Hotaru nggak jadi tinggal bareng sama Makoto karena Makoto-nya nggak bisa nerima Hotaru. Kalau bagian akhirnya saya nggak tau juga sama atau nggak kayak di komik, yang jelas saya belum baca komiknya sampe akhir jadi gak tau 😛

Cast. Hotaru dan Buchou, perfect! Tadinya saya nggak yakin Ayase Haruka bisa jadi orang tolol kayak Hotaru, tapi akting dia ternyata toh bisa bikin ngakak juga. Saya belum pernah nonton dorama si Ayase selain Hotaru no Hikari ini sih 😛 Apalagi yang jadi Buchou! Astaga itu si Fujiki Naohito ganteng banget~ dia pernah main di 1 Litre of Tears bareng Erika Sawajiri. Dulu dia yang jadi dokternya itu lho… Dan akting dia juga bagus banget menurutku, gak perlu ditanya lagi. Umur Fujiki 37, Buchou seharusnya 41, jadi keliatan lebih muda, tapi kan aneh juga kalo pake pemeran yang udah tua banget? Seumuran sama babeh saya dong kalo gitu hahahaha.

Pemeran Yuka juga mirip banget sama yang di komik. Cantik parah. Yamada-nee-san yang di komik cuma dapet peran sekali-sekali jadi berperan banyak di sini. Si Kaname (Bangsawan) juga, lumayan sih tapi nggak seganteng yang di komik 😛 Nah, yang mengecewakan itu yang jadi si Makoto. akoto itu kan harusnya manis, polos, dan agak childish. Tapi pas diperanin sama Kato Kazuki, jadi kelihatan kucel dan penyakitan -_-” (gara-gara perannya jadi orang penyakitan di film Days With You kali ya?). But the rest cast is fine 🙂

Random screencaps!
All hail Buchou and Hotaru! XD

Overall, I give 3.80 stars for this dorama. 0.80 for casting (because Makoto is sucks), 1 for the plot, 1 for its comedy, and 1 for Buchou :ikonlopelope: Actually Hotaru reminds me a lot to Nodame. She’s as messy as her, but at least she got talent. I like honest girl! Hahahaha. There’s 2nd season of this dorama, still same cast, but there’s an addition. A guy, if I’m not mistaken. And Makoto won’t be there (yesh). The 2nd season is currently airing in Japan, so I have to wait for some times to get the subbed video. And I’m not sure it’ll be avalaible soon in my region (in DVD), so I need to download them. Is anyone of you know the place to download doramas? I usually watch it streaming on mysoju.com, but lately it is so hard to make it in a full load. Waiting for streaming is mendokuse :swt: Can’t wait for the 2nd season!
Ja mata 😉
Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s